PENGARUH POLA LATIHAN LARI TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN LARI 60 METER PADA SISWA SD NEGERI 170/VIII PURWOHARJO KABUPATEN TEBO

Main Authors: Saputra, Deka Ismi Mori, jasman, endri -
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LP3M Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Muara Bungo , 2018
Online Access: http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/48
http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/48/5
Daftar Isi:
  • Running 60 meters is one of the branches of athletic sports. To achieve maximum results in a 60 meter run, maximum and programmed training is needed. The running practice pattern has a significant influence to train a 60 meter running speed.The study was conducted from September to November 2011 at SDN 170 / VIII Rimbo Bujang District. Tebo with a population of all male grade V students with a total sample of 20 people. The data was collected through pre-test and post-test and the results of the data obtained were processed by T-Test testing using a statistical system and assisted with Ms. Data Processing Application program. Excel. Based on data analysis there is a significant difference between the speed of students before and after training using a running exercise pattern. For this reason, it is advisable for athletic trainers to further improve their discipline and training programs to be able to see better results.
  • Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam melakukan lari 60 meter diperlukan latihan yang maksimal dan terprogram. Pola latihan lari memiliki pengaruh yang cukup signifikan untuk melatih kecepatan lari 60 meter, penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pola latihan lari terhadap peningkatan kecepatan lari 60 meter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pengguaan pola latihan lari terhadap terhadap peningkatan kecepatan lari 60 meter.Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai November 2017 di SD Negeri 170/VIII Rimbo Bujang Ka. Tebo dengan populasi seluruh siswa putra kelas V dengan sampel seluruhnya berjumlah 20 orang. Data tersebut dikumpulkan  melalui pre-test dan post-test dan hasil data yang diperoleh diolah dengan pengujian T-Test dengan menggunakan sistem statistic dan dbantu dengan program exel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari tabel nilai thitung -6,175. Dalam penelitian ini n1 = 20 siswa n2 = 20 siswa maka dk = n1+n2 = 20+20-2= 38 dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh ttabel ­= dapat disimpulkan bahwa -ttabel ≥ thitung (3.472 > -2.23).Berdasarkan analisis data terdapat perbedaan yang signifikan antara kecepatan  siswa sebelum dan sesudah latihan menggunkan pola latihan lari di SD Negeri 170/VIII Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Disarankan para pelatih atletik untuk lebih meningkatkan disiplin dan program latihan untuk bisa melihat hasil yang lebih baik.