UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM POSING SMP NEGERI 2 BARAKA, KABUPATEN ENREKANG

Main Author: Iqram, Wal
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM , 2014
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1953
https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1953/934
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Baraka Kabupaten Enrekang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIIIA pada semester Ganjil tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Dengan menggunakan Tes Hasil Belajar, Observasi, dan Angket Respon Siswa. Data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada Siklus I sebesar 61,48 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100 dan standar deviasi 14,36. Siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 72,14 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100 dan standar deviasi 14,10. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing pada pembelajaran matematika, maka hasil belajar matematika siswa meningkat dan perubahan sikap siswa dalam belajar menjadi lebih baik setiap pertemuan.Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Hasil Pembelajaran, Pendekatan Problem Posing.