AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN BUILDING COHESION AND COHERENCE IN ARGUMENTATIVE ESSAYS WRITTEN BY THE FOURTH YEAR STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT AT UNIVERSITY OF BENGKULU

Main Author: mubarak, zia hisni
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Putera Batam , 2015
Online Access: http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/basis/article/view/426
http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/basis/article/view/426/275
Daftar Isi:
  • Ada beberapa permasalahan mendasar menulis seperti; kesalahan gramatikal, kohesi dan koheren, dan isi serta organisasi. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada awal penelitian maka tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan kemampuan mahasiswa tahun ke-empat dalam membangun kohesi dan koheren dalam menulis essai argumentatif pada program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa tahun ke-empat program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Bengkulu yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui test menulis essai argumentatif. Data di analisa dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam membangun kohesi adalah Low Average (LA) dan kemampuan mahasiswa dalam membangun koheren adalah Low Average (LA) dimana skor rata-rata menunjukkan bahwa beberapa siswa memiliki skor dengan rentang 3-3.5 yang berarti bahwa mereka memiliki pemahaman yang rendah terhadap macam-macam kohesi dan koheren.