PENINGKATAN SIKAP KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO PENDIDIKAN KARAKTER

Main Author: Khristiyanta, Eka Purnama
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Balai Pengembangan Media Televisi (BPMTV) Kemdikbud , 2015
Subjects:
Online Access: https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/24
https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/24/23
Daftar Isi:
  • This research and development aims : to test the e ectiveness of au- dio medium model of character education in increasing the students a itude of discipline. The type of research is a experiment research. The study conducts experiment by applaying pre-test and post-test control group design. The experiment school is SDN Ponjong IV, and the control school is SDN Ponjong II. Data were collected by applying questionaire techniques. To test the e ectiveness the data were analyzed by applying T-Test formula. The results of research and development are : the model can increase the students a itude of discipline in the high degree of elementary school more effective the convention model. AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media audio pendidikan karakter dalam meningkatkan sikap kedi- siplinan pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang dilakukan pada SDN Ponjong II Gunung Kidul DIY sebagai sekolah kontrol dan SDN Ponjong IV Gunung Kidul sebagai sekolah eksperi- ment. Data diolah dengan analisis statistik Uji-t. Hasil pene- litian menemukan temuan bahwa pembelajaran karakter dengan memanfaatkan media audio pendidikan karakter dapat meningkatkan sikap kedisiplinan siswa dibandingkan dengan pembelajaran karakter secara konvensional atau tidak memanfaatkan media audio pendidikan karakter.