Studi Eksperimen Pengaruh Campuran Hasil Pirolisis Polipropilena dengan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Prestasi Mesin Sepeda Motor 110cc

Main Authors: Indrayani, Novi Laura, Sulaiman, Firza Mahendra, Sadiana, Riri, Rahmanto, R. Hengki, Ekawati, Fatimah Dian
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Wahid Hasyim , 2023
Subjects:
Online Access: https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/MOMENTUM/article/view/9921
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/MOMENTUM/article/view/9921/pdf
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/MOMENTUM/article/downloadSuppFile/9921/1710
Daftar Isi:
  • Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah limbah plastik yaitu dengan cara menjadikan limbah plastik sebagai bahan bakar alternatif melalui proses pirolisis, selain mengurangi masalah limbah plastik dapat juga mengurangi masalah kelangkaan BBM akibat meningkatnya jumlah penggunaan sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan limbah plastik jenis polipropilena hasil pirolisis 450°C dengan bahan bakar pertalite terhadap torsi, daya, efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor 4 langkah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengujian dilakukan pada sepeda motor Honda Beat 2011 110cc dengan 5 kelompok uji yakni pertalite murni (B100), pertalite 90% PP 10% (B90PP10), pertalite 95% PP 5% (B95PP5), pertalite 90% PP 10% dan eco racing (B90PP10E), pertalite 95% PP 5% dan eco racing (B95PP5E). Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh campuran minyak hasil pirolisis PP 450°C dan rendaman eco racing pada bahan bakar pertalite terhadap torsi, daya, efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang. Pengujian terhadap torsi dan daya pada awal putaran mesin 4500 rpm dengan campuran minyak hasil pirolisis PP 450°C dan rendaman eco racing mendapatkan nilai yang paling tinggi, sedangkan pada putaran mesin berikutnya berangsur mengalami penurunan. Penggunaan bahan bakar B90PP10E memiliki keefektifan yang lebih dalam meningkatkan torsi dan daya pada awal putaran mesin yaitu torsi sebesar 10.72 Nm dan daya sebesar 6.8 HP, dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Untuk efisiensi, penggunaan bahan bakar B95PP5E yang paling efisien yaitu sebesar 36,8%. Dalam penelitian emisi gas buang, campuran minyak hasil pirolisis PP 450°C dan rendaman eco racing pada bahan bakar pertalite sudah lulus dalam ambang batas emisi hidrocarbon (2000 ppm), tetapi belum lulus dalam ambang batas emisi carbon monoksida (4.5%). Penggunaan bahan bakar B100 yang paling tinggi emisi hidrocarbon nya yaitu sebesar 1124 ppm, sedangkan penggunaan bahan bakar B95PP5 yang paling tinggi emisi carbon monoksida nya yaitu sebesar 6.31%.