Analisa Perancangan Poros Roda Pengerak Mobil Emisia Borneo Menggunakan Finite Element Method
Main Author: | Gadayu, Rento |
---|---|
Other Authors: | Rento Gadayu, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Wahid Hasyim
, 2023
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/MOMENTUM/article/view/8390 https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/MOMENTUM/article/view/8390/pdf |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kinerja dan keandalan desain poros roda Mobil Emisia Borneo ketika diberikan beban tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah poros roda tersebut mampu menahan beban yang telah ditetapkan dengan menganalisis struktur poros roda menggunakan metode komputasi. Pendekatan metodologi dalam penelitian ini dimulai dengan melakukan tinjauan literatur terhadap penelitian-penelitian sebelumnya yang serupa. Selanjutnya, dilakukan perhitungan daya berdasarkan output mesin pembakaran dalam dan dilakukan analisis struktur poros roda Mobil Emisia Borneo menggunakan metode komputasi yang dikenal sebagai Metode Elemen Hingga (Finite Element Method/FEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa output daya dari mesin pembakaran dalam adalah 775,6 watt (0,775 kW) dan kecepatan poros roda adalah 275 rpm. Material yang digunakan untuk poros roda ini adalah AISI 1035 Steel, dengan sifat mekanis material sebagai berikut: kekuatan luluh (Yield strength) sebesar 282.685 N/mm2, kekuatan tarik (Tensile strength) sebesar 585 N/mm2, dan modulus elastisitas sebesar 205000 N/mm2. Hasil analisis menggunakan Metode Elemen Hingga (FEM) menunjukkan bahwa tegangan maksimum yang terjadi berada pada bagian pasak poros roda, dengan nilai sebesar 9,417e+01 N/mm2 (MPa). Berdasarkan hasil tersebut, poros roda Emisia Borneo dapat dianggap aman, karena tegangan yang terjadi pada poros masih berada di bawah nilai kekuatan luluh (Yield strength) dari material yang digunakan.