Analisis Keausan Kampas dengan Variasi Jumlah Alur Pada Kampas Rem
Main Authors: | Bimantoro, Edy, Darmanto, Darmanto |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Wahid Hasyim
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MOMENTUM/article/view/7452 https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MOMENTUM/article/view/7452/pdf |
Daftar Isi:
- Abstrak Kampas rem merupakan bagian dari system pengereman kendaraan bermotor yang memiliki fungsi memperlambat dan menghentikan kendaraan. Proses pengereman tidak akan lepas dari terjadinya keausan. Akibat dari gesekan antara disc brake dan kampas rem itu sendiri. Keausan bisa terjadi jika dua buah benda yang bergerak dan bergesekan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah alur dalam kampas rem dengan volume keausan dan laju keausan yang terjadi pada saat pengereman dengan beban konstan 2 kg dan putaran yg konstan juga dengan menggunakan alat uji keausan kampas rem. Variasi jumlah alur pada kampas rem berjumlah 3, 4, 5, 6, 7 dengan waktu pengujian 50 menit dan di ambil data massa kampas rem tiap 10 menit. Hasil pengujian ini volume keausan tentinggi yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 7 kampas A yaitu 143.0368558 mm3 dan untuk volume keausan terkecil yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 3 kampas A yaitu 117.363574 mm3. Nilai laju keausan tertinggi yaitu yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 7 kampas A yaitu 1.15209E-07 gr/s.mm2dan untuk laju keausan terkecil yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 3 sisi A yaitu 8.16506E-08..