STUDENT CENTERED LEARNING APPROACH AS A MEDIA FOR DEVELOPMENT OF EARLY CHILDREN'S MULTIPLE INTELLIGENCES (Case Study in TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta)

Main Author: Erviana, Yurita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Jawa Tengah , 2018
Online Access: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi/article/view/532
https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi/article/view/532/332
Daftar Isi:
  • This study is aimed to describe student centered learning approach to develop multipleintelligences on early childhood in kindergarten Islamic Plus Mutiara Yogyakarta. Theobject of this research is student centered learning approach as a media to develop multipleintelligences on early childhood in kindergarten Islamic Plus Mutiara Yogyakarta. Thisresearch is qualitatif research use case study approach to seeing a social phenomena(a case) was happened in islamic Plus Kindergarten Mutiara Yogyakarta. Technique indata collection through observation, interview and documentation. Analysis data usingby descriptive qualitatif with interactive analysis model. The reseach data validity itwas tested again by using triangulation and indepth observation. The result show thatof student centered learning approach is one of learning approach in Islamic PlusKindergarten Mutiara Yogyakarta doing by giving a freedom to child to make a changeand to establish play or learning activity. Another that, the child demand to getting activein learning proces. The another was find that the child getting facilitation to developtheir intelligence by activity well choosen by child with supported by resource learningequality.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan pembelajaran berpusat padaanak guna mengembangkan kecerdasan jamak anak usia dini di TK Islam Plus MutiaraYogyakarta. Objek penelitian berupa pengembangan kecerdasan jamak anak usia dini diTK Islam Plus Mutiara Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatifdengan menggunakan pendekatan studi kasus untuk melihat suatu fenomena (kasus) sosialyang terjadi di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta. Tekik pengumpulan data penelitiandiakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengancara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Guna melihat kebsahandata penelitian, diperlukan adanya proses triangulasi dan pengamatan mendalam. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa student learning approach sebagai suatu pendekatanpembelajaran di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta dilakukan dengan memberikankebebasan pada anak untuk memilih dan menentukan sendiri aktivitas bermain maupunbelajar. Selain itu, anak dituntut untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.Temuan lainnya berupa anak terfasilitasi pengembangan kecerdasannya melalui kegiatanyang dipilih oleh anak dengan di dukung oleh sumber belajar yang memadai.