IMPLEMENTASI METODE QIROATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN

Main Authors: Mulyani, Hetty, Maryono, Maryono
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Jawa Tengah , 2019
Online Access: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi/article/view/1294
https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi/article/view/1294/756
Daftar Isi:
  • This research was aimed  1) to describe an implementation of the qiroati method in learning of al quran, 2) to describe techniques of usage of qiroati method in learning of al quran, 3) to describe the support and handicap factors in learning of al quran. The method of research used a qualitative method. Qualitative method is a research method based on positivism philoshopy that used to research the naturalistic phenomena. Technique of data collection used a participant observation, depth interview and study of ducument. Test of data validatity used a triangulation technique and data analysis used an interactive analysis of mile and huberman that ie data collection, data reduction, data display and conclusion/verifying. Result of research showed that 1) implementatuon of the qiroati method in learning of al quran have three steps such as planning step, implementating step and evaluation step. 2) technique of teaching the qiroati method in learning of al quran that were the sorogan technique, the individual class and the class of reading&hearing. and 3) there were three support factors such self student, conusive environment and good hard & soft ware and handicap factors that ie peer and companies, curicullum and external motivation.
  • Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan implementasi metode qiroati dalam pembelajaran al quran, 2) untuk mendeskripsikan teknik penggunaan metode qiroati dalam pembelajaran al quran, 3) untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan hambatan dalam pembelajaran al quran. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang didasarkan pada filosofi positivisme yang digunakan untuk meneliti fenomena naturalistik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data menggunakan analisis interaktif mile and huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode qiroati dalam pembelajaran al quran memiliki tiga langkah yaitu langkah perencanaan, langkah implementasi dan langkah evaluasi. 2) teknik pengajaran metode qiroati dalam pembelajaran al quran yang merupakan teknik sorogan, kelas individu dan kelas membaca & mendengar. dan 3) ada tiga faktor pendukung seperti siswa mandiri, lingkungan yang konusif dan faktor perangkat keras & lunak yang baik yaitu teman sebaya dan perusahaan, kurikulum dan motivasi eksternal.