PENGARUH TERAPI KOGNITIF PERILAKUAN UNTUK MENURUNKAN GANGGUAN PERILAKU MENENTANG PADA SISWA MTS X DI YOGYAKARTA
Main Author: | Kurniawan, Wahyu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Laboratorium Rekayasa Sosial FISIP Universitas Bangka Belitung
, 2016
|
Online Access: |
https://society.fisip.ubb.ac.id/index.php/society/article/view/29 https://society.fisip.ubb.ac.id/index.php/society/article/view/29/17 |
Daftar Isi:
- This study aimed to determine the effect of Cognitive Therapy Behavioral to reduce behavioral disorders opposed. Hypothesis proposed in this study is that there is a difference frequency between the opposing behavioral disorders before and after cognitive therapy to students behavioral MTS X in Yogyakarta. Subjects were given cognitive therapy behavioral decreased frequency of behavioral disorders in school against. Subjects in the study of 4 students of class X MTS 8. The design used in this study was a single case study in the form of cognitive therapy behavioral influence. The method of analysis used analysis, visual inspection, interview and observation and analysis of non-parametric (Wilcoxon). The results of hypothesis testing in this therapy is Z for = 0.034 (p> 0.05), Based on the analysis means that there are differences in the frequency of behavioral disorders oppose decrease between before and after cognitive therapy behavioral on MTS X grade 8 students in Yogyakarta.
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Terapi Kognitif perilakuan untuk menurunkan gangguan perilaku menentang. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada perbedaan frekuensi gangguan perilaku menentang antara sebelum dan sesudah diberikan terapi kognitif per- ilakuan kepada siswa MTS X di Yogyakarta. Subjek yang diberikan terapi kognitif perilakuan men- galami penurunan frekuensi gangguan perilaku menentang di sekolah. Subjek dalam penelitian se- banyak 4 orang siswa MTS X kelas 8. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah single case study berupa pengaruh terapi kognitif perilakuan. Metode analisis yang digunakan analisis, visual inspection, wawancara serta observasi dan analisis non parametrik (Wilcoxon). Hasil uji hipotesis pada terapi ini ialah Z sebesar = 0,034 (p>0,05), Berdasarkan analisis tersebut berarti bahwa ada perbedaan penurunan frekuensi gangguan perilaku menentang antara sebelum dan sesudah diberikan terapi kognitif perilakuan pada siswa MTS X kelas 8 di Yogyakarta.