ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI TEORI APOS SISWA KELAS VIII

Main Authors: Ferdiani, Rosita Dwi, Dinullah, Riski Nur Istiqomah, Cahyani, Risa
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Kanjuruhan Malang , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/3669
https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/3669/2545
ctrlnum article-3669
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI TEORI APOS SISWA KELAS VIII</title><creator>Ferdiani, Rosita Dwi</creator><creator>Dinullah, Riski Nur Istiqomah</creator><creator>Cahyani, Risa</creator><subject lang="en-US">Analisis; pemahaman konsep; Teori APOS</subject><description lang="en-US">Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada salah satu SMP yang ada di Kabupaten Malang yaitu SMPN 1 Wonosari, peneliti mendapatkan beberapa siswa yang kurang dalam memahami konsep matematika. Hal itu menunjukkan bahwa siswa harus mempunyai pemahaman konsep dalam memahami soal yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi teorema pythagoras ditinjau dari teori APOS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode tes dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah dua siswa dengan kategori baik, dua siswa dengan kategori sedang dan dua siswa dengan kategori kurang yang dilakukan di kelas VIII SMPN 1 Wonosari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 10 siswa mampu mengerjakan pada tahap aksi, 7 siswa mampu mengerjakan pada tahap proses, 4 siswa mampu mengerjakan pada tahap objek dan 3 siswa mampu mengerjakan pada tahap skema. Dari hasil penelitian ini, disampaikan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yaitu pada tahap aksi dan proses. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan dapat memberikan metode pembelajaran yang bisa meningkatkan pemahaman konsep siswa ataupun guru juga bisa memberikan latihan-latihan secara rutin dengan berbagai jenis soal yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.</description><publisher lang="en-US">Universitas Kanjuruhan Malang</publisher><date>2020-04-18</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/3669</identifier><identifier>10.21067/pmej.v3i1.3669</identifier><source lang="en-US">Pi: Mathematics Education Journal; Vol. 3 No. 1 (2020): April; 10-17</source><source>2597-6915</source><source>2597-5161</source><language>eng</language><relation>https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/3669/2545</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Pi: Mathematics Education Journal</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>article-3669</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Ferdiani, Rosita Dwi
Dinullah, Riski Nur Istiqomah
Cahyani, Risa
title ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI TEORI APOS SISWA KELAS VIII
publisher Universitas Kanjuruhan Malang
publishDate 2020
topic Analisis
pemahaman konsep
Teori APOS
url https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/3669
https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/3669/2545
contents Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada salah satu SMP yang ada di Kabupaten Malang yaitu SMPN 1 Wonosari, peneliti mendapatkan beberapa siswa yang kurang dalam memahami konsep matematika. Hal itu menunjukkan bahwa siswa harus mempunyai pemahaman konsep dalam memahami soal yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi teorema pythagoras ditinjau dari teori APOS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode tes dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah dua siswa dengan kategori baik, dua siswa dengan kategori sedang dan dua siswa dengan kategori kurang yang dilakukan di kelas VIII SMPN 1 Wonosari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 10 siswa mampu mengerjakan pada tahap aksi, 7 siswa mampu mengerjakan pada tahap proses, 4 siswa mampu mengerjakan pada tahap objek dan 3 siswa mampu mengerjakan pada tahap skema. Dari hasil penelitian ini, disampaikan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yaitu pada tahap aksi dan proses. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan dapat memberikan metode pembelajaran yang bisa meningkatkan pemahaman konsep siswa ataupun guru juga bisa memberikan latihan-latihan secara rutin dengan berbagai jenis soal yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
id IOS6439.article-3669
institution Universitas Kanjuruhan Malang
institution_id 220
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Kanjuruhan Malang
library_id 518
collection Pi: Mathematics Education Journal
repository_id 6439
subject_area Mathematics/Matematika
Curricula/Kurikulum
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS6439
first_indexed 2020-05-07T09:13:05Z
last_indexed 2022-07-22T03:19:27Z
recordtype dc
_version_ 1739021979705409536
score 17.538404