MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) YANG BERKARAKTER MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Main Author: SANGAD, SANGAD
Other Authors: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Galuh Ciamis , 2018
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/997
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/997/887
Daftar Isi:
  • Agar guru mampu menciptakan pembelajaran yang bermutu dan menyenangkan guru memiliki perencanaan pembelajaran yang komunikatif. Salah satu perangkat pembelajaran yang harus dimiliki guru adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah instrument perencanaan yang lebih spesifik dari silabus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini dibuat untuk memandu guru dalam mengajar agar tidak melebar jauh dari tujuan pembelajaran. Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini, bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik Supervisi akademik dalam upaya meningkatkan kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berkarakter di SD Negeri 3 Sumelap Kecamatan Tamansari UPT Dinas Pendidikan Wilayah Selatan Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Menurut Suharsimi Arikunto (2006 : 3) Penelitian Tindakan merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Dalam penelitian tindakan sekolah ini, subjek yang diteliti adalah guru SD Negeri 3 Sumelap Kecamatan Tamansari UPT Dinas Pendidikan Wilayah Selatan Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 12 orang, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan motivasi guru, atau dengan kata lain berdasarkan inisiatif guru. Berdasarkan hasil penelitian tentang meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berkarakter melalui supervisi akademik, dapat disimpulkan : 1) Salah satu upaya dalam meningkatkan kompetensi guru adalah melalui penerapan Teknik supervisi akademik learning group together sehingga terjadi sharing informasi mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru di sekolah.2) Kepala sekolah berperan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter hal ini dibuktikan dengan hasil tindakan sekolah dengan menggunakan 2 siklus diketahui ada perubahan kemampuan guru setelah diterapkannya teknik supervisi akademik learning group together. 3) Melalui kegiatan supervisi akademik learning group together maka akan menambah wawasan guru sehingga dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran berkarakter.Kata Kunci: Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Supervisi Akademik