PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BARISAN DAN DERET BILANGAN (PTK di Kelas IX-A SMP Negeri 14 Tasikmalaya)

Main Author: Suwandiana, Dini
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Galuh , 2019
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/925
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/925/819
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Barisan dan Deret Bilangan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini terdapat empat teknik yaitu pengamatan, tes, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terbukti dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktifitas siswa dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 33,34 atau meningkat sebesar 28,55% dan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 13,67 atau meningkat sebesar 11,39 %.Terdapat peningkatan proses belajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 0,8 atau meningkat sebesar 20,5 % dan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,78 atau meningkat sebesar 19,5 %. Terjadi peningkatan pada rata-rata nilai tes dari prasiklus ke siklus 1 pertemuan ke 1 sebesar 14,67 atau meningkat sebesar 22.56 % dan meningkat pada prosentase siswa yang tuntas sebesar 40%. Dari siklus 1 pertemuan ke 1 ke siklus 1 pertemuan ke 2 terjadi peningkatan rata-rata nilai sebesar 3,6 atau meningkat sebesar 3,2 % dan terjadi peningkatan pada prosentase siswa yang tuntas sebesar 6,67 % dan dari siklus 1 pertemuan ke 2 ke siklus 2 pertemuan ke 1 terjadi peningkatan rata-rata nilai sebesar 2.83 atau naik sebesar 3,4 % dan terjadi peningkatan prosentase siswa yang tuntas sebesar 6,7 % sedangkan dari siklus 2 pertemuan ke 1 ke siklus 2 pertemuan ke 2 terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 2,4 atau meningkat sebesar 2.7 % dan terjadi peningkatan pada prosentase siswa yang tuntas sebesar 3.4 % Penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-A SMP Negeri 14 Tasikmalaya pada Barisan dan Deret Bilangan, Kata Kunci : Barisan dan Deret Bilangan, Cooperative Script