UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN PERKEMBANGAN KEPENDUDUKAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AN COMPOSITION (CIRC)
Main Author: | Kiah, Kiah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Galuh
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/920 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/920/815 |
Daftar Isi:
- Salah satu persoalan dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan IPS adalah kebanyakan siswa baru mampu menghapal tanpa memahami secara menyeluruh isi pelajaran, sehingga kemampuan mendeskripsikan juga rendah. Termasuk pada Siswa kelas IX-F SMP Negeri 14 Tasikmalaya, nilai tes pemahaman konsep sebelum diberi tindakan adalah 71 belum memenuhi KKM yaitu 75. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk melihat proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perkembangan kependudukan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus pembelajaran dengan langkah-langkah planning, actuating, observing,dan reflecting. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep berupa pilihan ganda dan lembar observasi. Tes pemahaman konsep dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep sesudah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC.) Aktivitas siswa pada siklus I terlaksana sebesar 57,3% termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 71,2 % termasuk kategori baik. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran meningkat dari siklus I sebesar 72,5% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Kemampuan siswa untuk mendeskripsikan perkembangan kependudukan mengalami peningkatan hal ini terlihat dari jumalh siswa yang mampu menuntaskan KKM sebanyak 20 orang pada siklus I meningkat menjadi 34 orang pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perkembangan kependudukan. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Perkembangan kependudukan