MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS BERBENTUK PROCEDURE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IX A SMP NEGERI 2 KARAU KUALA
Main Author: | Abadi, Nasaruan |
---|---|
Other Authors: | SMP Negeri 2 Karau Kuala |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS GALUH
, 2020
|
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/article/view/4416 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/article/view/4416/3473 |
Daftar Isi:
- Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa untuk menyusun teks procedure, mengembangkan strategi pembelajaran dan model pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan. Siswa dapat melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan komunikasi dengan mengemukakan gagasan, pendapat dan perasaannya secara sederhana baik lisan maupun tulisan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IX A SMP Negeri 2 Karau Kuala Kabupaten Barito Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 30. Pada pelaksanaannya, peneliti sekaligus berperan sebagai Guru Model berkolaborasi dengan1 orang guru Bahasa Inggris yang tergabung dalam kelompok guru yang mengajar di kelas IX A. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Agustus sampai dengan September 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pemberian test performance siswa dalam bentuk test tulis. Akhirnya, penulis dapat memperoleh beberapa hasil temuan setelah melaksanakan refleksi dan diskusi pada bab sebelumnya. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Karau Kuala Kabupaten Barito Selatan pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui evaluasi/ test tulis dengan rata-rata nilai siswa pada siklus pertama 63,05 meningkat pada siklus II menjadi 69,73, dan pada siklus III meningkat menjadi 77,71; 2) Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match dan media pembelajaran video dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan persentase keaktifan siswa pada siklus pertama sebesar 36,67% meningkat pada siklus kedua menjadi 80,00% dan pada siklus III menjadi 100%. Kata Kunci: Menulis Teks Berbentuk Procedure, Model Pembelajaran Make a Match