PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKURI UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA SMA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Main Authors: Kadarisma, Gida, Sari, Indah Puspita, Senjayawati, Eka
Other Authors: Kementrian Riset dan Teknologi / BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional)
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Galuh , 2020
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3725
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3725/3405
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya HOTS siswa pada materi trigonometri pada siswa SMA di salah satu sekolah swasta di Cimahi, siswa merasa kesulitan dalam memahami materi trigonometri dikarenakan bahan ajar yang digunakan belum memfasilitasi proses berpikir tingkat tinggi siswa, sehingga diperlukan pengembangan bahan ajar yang berbasis inkuiri agar HOTS siswa semakin meningkat. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengembangkan LKS berbasis Inkuiri pada materi trigonometri. Metode penelitian ini adalah metode pengembangan dengan desain 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develope), dan penyebaran (desiminate), namun karena keterbatasan waktu penelitian ini tidak sampai pada tahap penyebaran. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas X di salah satu SMA swasta di Kota Cimahi sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes HOTS untuk mengukur efektivitas bahan ajar serta lembar validasi untuk mengukur validitas bahan ajar. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid dengan rata-rata nilai validitas dari validator ahli sebesar 3,4 serta efektivitas dari peningkatan kemampuan HOTS sebesar 35,3%. Adapun implikasi dari penelitian ini yaitu guru dapat menggunakan LKS berbasis inkuiri ini sebagai bahan ajar pada materi trigonometri agar kemampua HOTS siswa meningkat.