EKSPLORASI DISPOSISI MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DNR-BASED INSTRUCTION

Main Authors: Bakar, Marwia Tamrin, Nani, Karman La, Hadi, Darmawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Galuh , 2019
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/2691
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/2691/2344
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi disposisi matematis mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar melalui model pembelajaran DNR-Based Instruction pada matakuliah konsep dasar matematika. Ekspolasi ini dilakukan dengan menganalisis angket yang telah diisi oleh 55 mahasiswa tahun pertama pada salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Ternate. Analisis ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan memperhatikan hasil observasi pembelajaran. Angket disposisi disusun berdasarkan skala likers dengan empat pilihan jawaban yaitu Sangat sering (SS), sering (SR), jarang (JR) dan sangat jarang (JR). hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap percaya diri mahasiswa dalam menyelesaikan tugas matematika dikategorikan cukup. Mahasiswa memiliki sikap ulet dan gigih terhadap matematika berupa mampu menyelesaikan tugas matematika dalam waktu yang lama. Mahasiswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi berupa memplejari topik yang akan diajarkan dosen. Namun mahasiswa tidak fleksibel dalam penyelesaian tugas matematika, karena merasa nyaman menggunakan cara yang sudah dikenal. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai inputan kepada dosen agar pembelajarannya dapat memfasilitasi tumbuh kembang sikap positif terhadap matematika