PENGGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR (KBT) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Main Author: | Suprayogi, Sri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Galuh
, 2017
|
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/267 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/267/269 |
Daftar Isi:
- Pencapaian prestasi belajar siswa yang sesuai dengan tujuan pembelajaran merupakan harapan dari semua guru, tetapi kadang-kadang kontradiksi dengan kenyataan dalam hal ini tidak semua siswa mencapai prestasi belajar yang sesuai dengan harapan. Salah satu penyebabnya adalah kebanyakan pengetahuan yang dimiliki siswa diperoleh dengan cara ditransfer dari guru bukan belajar dengan cara menemukan sendiri pengetahuannya sehingga siswa cenderung menghapal akibatnya sulit untuk mengembangkan dan mudah lupa. Untuk itu perlu dicari alternatif model pembelajaran yang berpusat pada siswa, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe KBT. Penelitian ini berjudul: “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Kepala Bernomor Tersruktur Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dan aktivitas pembelajaran yang berpusat pada siswa serta tanggapan siswa pada pembelajaran lingkaran setelah menggunakan model Kooperatif Tipe KBT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII.G SMP Negeri 1 Jalancagak Kabupaten Subang yang berjumlah 40 orang. Penelitian dilakukan dalam empat siklus tindakan pembelajaran, dengan langkah-langkah penelitian meliputi orientasi lapangan, pengumpulan data melalui tes formatif, tes blok, jurnal harian siswa, observasi dilakukan tiap akhir siklus tindakan sedangkan angket siswa dan wawancara dilakukan setelah semua siklus dilaksanakan, selanjutnya semua data yang diperoleh dianalisis Berdasarkan hasil analisis data yang meliputi aktivitas siswa, daya serap, ketuntasan belajar, tanggapan siswa yang ditulis pada jurnal harian, angket siswa dan dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dampaknya hasil belajar dan prestasi belajar siswa meningkat tiap siklusnya sedangkan tanggapan dari sebagian besar siswa terhadap proses pembelajaran adalah positif.