MENINGKATKAN KECAKAPAN SISWA KELAS VIII DALAM MENULIS PUISI MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN RESPONS PEMBACA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI SD Negeri Balagedog Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka Semester II Tahun Ajaran 2015/2016)
Main Author: | Juriah, Juriah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Galuh
, 2017
|
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/255 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/255/259 |
Daftar Isi:
- Sebagian besar siswa mengalami banyak kesulitan dalam mengembangkan ide atau gagasan dan kebingungan dalam pemilihan kata (diksi). Kesulitan yang dialami siswa juga pada umumnya berkaitan dengan tema, cara penulisan, menentukan kata (diksi), menentukan amanat, rima yang terkandung dalam puisi, penentuan imaji, majas dan kata konkret. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan Pendekatan Respons Pembaca. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran dimulai dengan pemberian beberapa teks puisi atau buku kumpulan puisi kemudian siswa membacanya; 2) Setelah membaca, siswa diminta untuk mengungkapkan pendapatnya, menyatakan apa saja yang ada dipikirannya. 3) Siswa menuangkan gagasan atau ide yang telah mereka dapat dari respons ke dalam menulis puisi baru. Pemberian tindakan pada siklus I, dan II, pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan respons pembaca terbukti mampu 80% meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.