PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IX-E SMP Negeri 20 Tasikmalaya)
Main Author: | Widaningsih, Wiwin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Galuh
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/2035 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/2035/3500 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui peningkatkan pemahaman siswa pada materi Uang dan Lembaga Keuangan menggunakan model pembelajaran numbered head together (NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus pembelajaran dengan langkah-langkah planning, actuating, observing,dan reflecting. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep berupa pilihan ganda dan lembar observasi. Proses belajar menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siklus 1 terlaksana sebesar 81,33% termasuk kategori baik dan meningkat pada siklus 2 sebesar 91,33 % termasuk kategori baik sekali. Aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus 1 meningkat pada kemampuan bertanya sebesar 32 % kategori kurang, menjawab pertanyaan 65 % kategori baik, mengemukakan gagasan 65 % kategori baik dan mengungkapkan pengetahuan awal 51 % kategori cukup. Kemudian meningkat lagi pada siklus 2 dengan kemampuan bertanya sebesar 51 % kategori cukup menjawab pertanyaan 84 % kategori sangat baik, mengemukakan gagasan 76 % kategori baik dan mengungkapkan pengetahuna awal 65 % kategori baik. Pemahaman siswa pada materi Uang dan Lembaga Keuangan meningkat dari nilai rata-rata hasil tes pra siklus 71.62 menjadi 81,62 pada siklus 1 dan lebih meningkat pada siklus 2 menjadi 88,11.Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran numbered head together (NHT) efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Uang dan Lembaga Keuangan.