PENERAPAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS IKLAN BARIS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IX-B SMP Islam Cisumur Tasikmalaya)
Main Author: | Herawati, Tetet |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Galuh
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/2024 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/2024/1648 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah: (1) hasil belajar iklan baris dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (rata-rata 64,33) kurang dari dari KKM (75); (2) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia selama ini masih dilaksanakan secara konvensional (ekspositori dan ceramah) sehingga anak cenderung pasif/tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga hasil yang dicapai kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada menulis iklan baris di Kelas IX-B SMP Islam Cisumur Kota Tasikmalaya melalui penerapan cooperatif learning tipe team assisted individualization. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Simpulan yang diperoleh berdasarkan pembahasan hasil penelitian, adalah sebagai barikut: Hasil belajar siswa pada materi menulis iklan baris setelah menggunakan cooperatif learning tipe team assisted individualization mengalami peningkatan (pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 74, pada siklus II meningkat menjadi 78,25).