PENGARUH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU (Studi Terhadap Guru Pendidikan Jasmani se-Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut)
Main Author: | Setia Aji, Nurdin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Administrasi Pendidikan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana
, 2013
|
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/adpen/article/view/175 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/adpen/article/view/175/170 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berkaitan dengan pengaruh manajemen berbasis sekolah dan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pendidikan jasmani di tingkat sekolah dasar se-Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut,Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Besarnya pengaruh manajemen berbasis sekolah terhadap kinerja guru pendidikan jasmani. 2) Besarnya pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pendidikan jasmani. 3) Besarnya pengaruh manajemen berbasis sekolah dan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pendidikan jasmani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptip yaitu metode yang menggambarkan fakta dan kejadian pada objek yang diteliti dan verifikatif yaitu metode yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan perhitungan dari statistik serta pengambilan data dilakukan dengan angket dan survey.Berdasarkan hasil pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Manajemen berbasis sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru pendidikan jasmani di SD Negeri se-Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut. Hasil hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya semakin optimal manajemen berbasis sekolah yang diterapkan di sekolah, maka akan semakin tinggi kinerja guru pendidikan jasmani. 2) Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positifdan signifikan terhadap kinerja guru pendidikan jasmani di SD Negeri KecamatanKarangpawitan Kabupaten Garut. Hasil hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya semakin efektif kepemimpinan kepala sekolah, maka akan meningkatnya kinerja guru. 3) Manajemen berbasis sekolah dan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadapkinerja guru pendidikan jasmani di SD Negeri se-Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut. Hasil hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya semakin optimalnya manajemen berbasis sekolah dan efektifnya kepemimpinan kepala sekolah, maka kinerja guru akan meningkat.Kata kunci : Manajemen Berbasis Sekolah,Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah,Kinerja Guru Penjas.