Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching melalui Strategi Tandur untuk Meningkatkan Kompetensi Kognisi Siswa

Main Authors: Rizka, Nisrina Nur, Pratama, Fidya Arie
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Galuh , 2018
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1681
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1681/1356
Daftar Isi:
  • Model pembelajaran Quantum Teaching adalah suatu model pembelajaran yang menerapkan pembelajaran dari energi (tenaga guru dan siswa) menjadi cahaya (perubahan tingkah laku atau hasil belajar yang positif) agar menciptakan suasana yang menyenangkan serta tidak membosankan, dalam interaksi pembelajaran yang humanistis dan dinamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari III siklus, dengan mengambil random sampling sebanyak 35 siswa di SMPN 11 Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kognitif belajar siswa, hal ini nampak dari rata-rata uji gain siklus I sebesar 0,3 sikus II sebesar 0,4 dan siklus III sebasar 0,7 sementara itu rata-rata nilai hasil tes siswa pada siklus I sebesar 67,43 siklus II sebesar 73,42 dan siklus III sebesar 88,00. Dari hasil tersebut didukung juga dengan respon siswa menyatakan sikap positifnya terhadap pembelajaran Quantum Teaching melalui strategi TANDUR. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka respon yang positif diperoleh oleh siswa terhadap model pembelajaran Quantum Teaching, sehingga guru bisa menerapkan pembelajaran yang aktif, informatif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta untuk meningkatkan pemahaman dan menyesuaikan dengan tujuan yang diharapkan.Kata Kunci: Quantum Teaching, TANDUR, Kognitif