PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII D SMP Negeri 4 Tasikmalaya)

Main Author: Riviani, Riviani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Galuh , 2019
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/1531
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/1531/1237
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya kompetensi siswa pada materi operasi hitung bentuk pecahan. Rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah “bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative tipe think pair share (TPS) sebagai upaya dalam meningkakan kompetensi siswa pada materi operasi hitung bentuk pecahan”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran cooperative tipe think pair share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung bentuk pecahan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observation), refleksi(reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kepada siswa dan observasi guru, tes hasil belajar dan pengisian angket.Hasil penelitian menunjukan bahwa proses belajar terjadi peningkatan rata –rata skor 45 pada pra siklus, menjadi 51 pada siklus 1 atau meningkat 6 atau 9 %. Proses pembelajaran makin meningkat pada siklus 2 dengan peningkatan rata-rata skor menjadi 60 atau dengan kata lain meningkat 9 atau 15%. Penggunaan model pembelajaran cooperative tipe think pair share (TPS) juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada materi operasi hitung bentuk aljabar, peningkatan rata-rata skor dari 57,50 pada pra tindakan menjadi 80,66 pada siklus 1 atau dengan kata lain hasil belajar siswa meningkat 23,04 atau 40% .Hasil belajar siswa dalam pembelajaran makin meningkat pada siklus 2 dengan peningkatan rata-rata menjadi 87,43 atau dengan kata lain meningkat 6,77 atau 8,4%. Demikian pula siswa merespon dengan baik penggunaan model pembelajaran cooperative tipe think pair share (TPS). Hal ini dibuktikan dari hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa yang menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam kegiatan proses pembelajaran melalui tindakan penggunaan model pembelajaran cooperative tipe think pair share (TPS) dari siklus ke siklus menunjukkan kemajuan dan peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 37% meningkat sebesar 13% menjadi 50% pada siklus 2.