UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN PENERAPAN BIOTEKNOLOGI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

Main Author: Widyaningsih, Ika Hertika
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Galuh , 2019
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/1528
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/1528/1234
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk melihat proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan penerapan bioteknologi dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus pembelajaran dengan langkah-langkah planning, actuating, observing,dan reflecting. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep berupa pilihan ganda dan lembar observasi. Tes pemahaman konsep dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep sesudah diterapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC.) Aktivitas siswa pada siklus I terlaksana sebesar 57,3% termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 71,2 % termasuk kategori baik. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran meningkat dari siklus I sebesar 72,5% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Kemampuan siswa untuk mendeskripsikan penerapan bioteknologi mengalami peningkatan hal ini terlihat dari jumalh siswa yang mampu menuntaskan KKM sebanyak 20 orang pada siklus I meningkat menjadi 34 orang pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan penerapan bioteknologi.