PENERAPAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Main Author: | Hasanah, Lilis Titin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Galuh
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/1524 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/1524/1218 |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan pembelajaran matematika selama ini masih dilaksanakan secara konvensional seperti ekspositori atau ceramah sehingga anak cenderung pasif dan hanya menerima materi saja, anak kurang aktif dan tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga hasil yang dicapai kurang memuaskan. “Guru sering kecewa melihat hasil ulangan pada pembelajaran materi Persaman Garis Lurus dengan rata-rata nilai 64,33, karena kriteria ketuntasan minimal matematika di Kelas VIII-A SMP Negeri 15 Tasikmalaya sebesar 75”. Berdasarkan temuan di lapangan tersebut, ternyata selama ini pembelajaran matematika kurang dapat mengaktifkan siswa dan kurang menantang, siswa hanya menerima informasi, siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan tidak dilibatkan dalam menemukan sendiri dalam menentukan persaman garis lurus. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar baik latihan di sekolah maupun di rumah umumnya. Salah satu faktor penyebab masalah di atas diantaranya guru belum menggunakan metode yang tepat, sehingga proses pembelajaran kurang efektif dan efisien, serta pengaruh karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini secara umum yaitu untuk meningkatkan prestasi atau hasil pembelajaran matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Persaman Garis Lurus di Kelas VIII-A SMP Negeri 15 Tasikmalaya rangpari melalui penerapan cooperatif learning tipe team assisted individualization. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Simpulan penelitian, adalah hasil belajar siswa setelah menggunakan cooperatif learning tipe team assisted individualization dalam pembelajaran matematika tentang materi persaman garis lurus melalui cooperatif learning tipe team assisted individualization mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 63, pada siklus II meningkat menjadi 78,25.