PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
Main Author: | HURIAH, DIAH |
---|---|
Other Authors: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Galuh Ciamis
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1011 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1011/904 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VIII A SMP Negeri 2 Blanakan Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2014-2015. Subjek penelitian terdiri dari 40 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan melalui pembelajaran yang menerapkan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata-rata hasil tes formatif siklus I adalah 66,75 dan rata-rata hasil tes formatif siklus II adalah 78. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 16,85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Blanakan Subang kelas VIII A semester genap tahun pelajaran 2014-2015 pada materi sistem persamaan linier dua variabel.Kata kunci : hasil belajar, Cooperative Learning, STAD