PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN SIKAP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT IV PADA BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
Daftar Isi:
- Salah satu pendidikan dan pelatihan yang tertuang dalam kebijakan pendidikan dan penelitian Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat IV. Diklat Kepemimpinan Tingkat IV adalah diklat yang diperuntukkan untuk mencapai persyaratan kompetensi kepemimpinan aparatur pemerintahan yang sesuai dengan jenjang jabatan struktural. Sasaran pendidikan dan pelatihan ini adalah untuk terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan struktural eselon IV. Salah satu faktor yang menentukan pencapaian hasil belajar adalah motivasi individu untuk berprestasi dan sikap yang berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sikap dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap hasil belajar kepemimpinan, serta mengetahui variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap hasil belajar peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV di Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey yaitu suatu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner yang tidak terbatas pada pengumpulan data tetapi juga meliputi analisis dan interpretasi dari data yang diambil.