ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) dr. DORIS SYLVANUS PALANGKA RAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis adanya pengaruh kualitas pelayanan berdasarkan lima dimensi kepuasan pasien yang meliputi: reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), empathy (empati) dan tangible (tampilan fisik) di IGD RSUD dr. Doris Sylvanus terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk: (1) mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan dan faktor reliability (kehandalan) pelayanan terhadap kepuasan pasien; (2) mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan dan faktor responsiveness (ketanggapan) pelayanan terhadap kepuasan pasien dan; (3) mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan dan faktor assurance (jaminan) pelayanan terhadap kepuasan pasien; (4) mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan dan faktor empathy (empati) pelayanan terhadap kepuasan pasien; dan (5) mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan dari faktor tangible (tampilan fisik) pelayanan terhadap kepuasan pasien. Rancangan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, dimana populasinya adalah pasien yang berobat di IGD RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya setiap hari. Sampel yang diambil secara sampling incidental berdasarkan jumlah rata-rata kunjungan pasien setiap harinya yaitu sebanyak 65 orang. Data dianalisis secara statistik dengan uji regresi linier berganda, untuk memperoleh hasil yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.