PENGARUH KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) GURU TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA BANJARBARU
Daftar Isi:
- Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas-tugas keguruan ataupun pengadministrasian agar lebih efektif dan efesien dan menghasilkan output yang lebih baik, baik dari segi kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui deskripsi kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) (Pedagogik dan Profesional) dan pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarbaru. (2) menganalisis pengaruh kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) (Pedagogik dan Profesional) guru secara parsial terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarbaru. (3) Menganalisis pengaruh kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) (Pedagogik dan Profesional) guru secara simultan terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarbaru. (4) Menganalisis variabel manakah dari kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) (Pedagogik dan Profesional) guru yang memiliki pengaruh dominan terhadap pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarbaru. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2014 sampai bulan Maret 2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarbaru yang melaksanakan kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 111 orang dengan menggunakan sampel jenuh/sensus. Analisis data dilakukan dengan program SPSS