FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA PELAYANAN BPJS KESEHATAN DI RSUD ULIN BANJARMASIN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh faktor pendidikan, pekerjaan, tangible, empathy, reliability, responsiveness dan assurance terhadap kepuasan pengguna pelayanan BPJS kesehatan di RSUD Ulin Banjarmasin tahun 2016. Metode Penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 60 responden. Penelitian ini dilakukan pada pasien rawat inap kelas III. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan uji statistik menggunakan bantuan PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor empathy (t hitung= 2,041 dan ρ- value= 0,042) dan reliability (t hitung= 12,66 dan ρ-value= 0,000) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna pelayanan BPJS kesehatan. Sedangkan faktor pendidikan (t hitung= 0,106 dan ρ-value= 0,915), pekerjaan (t hitung= 1,333 dan ρ-value= 0,183), tangible (t hitung= 1,951 dan ρ-value= 0,052), assurance (t hitung= 0,843 dan ρ-value = 0,400) dan responsiveness (t hitung= 1,096 dan ρ-value= 0,274) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna pelayanan BPJS kesehatan. Kata Kunci : pendidikan, pekerjaan, kualitas pelayanan, tangible, empathy, reliability, responsiveness, assurance, kepuasan pasien