Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian untuk mengetahui apakah metode balance scorecard dapat mengukur kinerja Rumah Sakit. Metode Penelitian jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomonologi, dengan melakukan pengumpulan data dengan cara observasi secara langsung,wawancara,menganalisa data tanpa melakukan perlakuan yang dapat mempengaruhi keilmiahan yang diteliti, data yang digunakan data primer dan data sekunder. Hasil dan Pembahasan Penelitian hasil analisis menunjukkan kinerja perspektif palanggan untuk Indeks Kepuasan Masyarakat baik dengan rata rata nilai 75,untuk retensi pelanggan kinerja kurang baik dengan rata rata nilai 25%, akuisisi pelanggan baik nilai diatas 70 %. Perspektif keuangan untuk rasio ekonomis cukup baik dengan rata rata 91%,rasio efisiensi kurang baik 195 %, rasio efektivitas baik dengan rata rata 129 % dari target realisasi. Perspektif proses bisnis internal kurang baik karena semua indikator nilai rata- ratanya dibawah nilai ideal , BOR 35 %,LOS 3 hari,BTO 41 kali,TOI 5 hari. Perspektif petumbuhan dan pembelajaran kinerjanya sangat baik , indikator kepuasan karyawan baik dengan nilai 10.734, indikator peningkatan kompetensi pegawai baik karena dimana selalu disiapkan anggaran 25 % dari pagu total. Kata kunci : Kinerja,Balance Scorecard,Rumah Sakit,Perawat