Daftar Isi:
  • Penelitian ini berawal dari proses magang di PT Flinartra Uli perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa tenaga kerja. Selama melakukan magang di PT Flinartra Uli ada strategi khusus yang di jalankan oleh perusahaan ini untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu maka tujuan penelitian adalah merumuskan strategi pemasaran apa yang harus dilakukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan analisis data yang berpedoman pada data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan dengan menggunakan metode deskriptif dimana data diperoleh melalui observasi, dan wawancara pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dengan strategi sederhana pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan pada perusahaan bahkan menumbuhkan loyalitas dari pelanggan baru. Dengan penambahan jumlah karyawan yang dapat mempersingkat proses pelayanan dapat menjaga loyalitas pelanggan yang sudah ada, serta juga dengan tempat usaha dan alat promosi lain seperti baliho dan papan nama perusahaan dapat menambah bukti fisik dan nilai suatu perusahaan. Kata kunci: Loyalitas pelanggan, strategi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas pelanggan