Daftar Isi:
  • I-Radio Banjarmasin merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media yang menerima jasa pembuatan dan pemasangan iklan. Penelitian ini berawal dari tidak stabilnya jumlah pemasang iklan yang ada di I-Radio Banjarmasin. Oleh karena itu maka tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh I-Radio Banjarmasin dalam meningkatkan jumlah pengiklan, mengetahui kendala yang dihadapi dan untuk mengetahui cara mengatasi hambatan yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Analisis berpedoman pada data yang diperoleh dari hasil penelitian di lapangan dengan menggunakan metode deskriptif dimana data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan operational manager yang bertempat di I-Radio Banjarmasin di Jl Gatot Subroto II No.1 Banjarmasin. Hasil penelitan menunjukkan bahwa upaya I-Radio Banjarmasin dalam meningkatkan jumlah pengiklan melalui strategi produk, harga, tempat dan promosi serta pelayanan. Strategi produk yang dilakukan adalah membuat program acara yang menarik untuk mendapatkan rating yang tinggi sehingga menarik calon pengiklan. Strategi harga yang dilakukan adalah dengan memberikan paket-paket yang disesuaikan dengan kebutuhan calon pengiklan. Strategi tempat berupa letak kantor yang strategis. Strategi promosi yang dilakukan berupa promosi di internet, melakukan personal selling dan direct selling, melakukan stickering di tempat strategis. Pelayanan yang dilakukan berupa pembuatan materi iklan yang dikenakan biaya serta menjalin komunikasi yang baik dengan klien dan calon klien. Penelitian ini juga menemukan faktor penghambat harga pemasangan iklan yang masih mahal, kinerja karyawan yang belum maksimal melakukan personal and direct selling dan kurangnya pemahaman masyarakat dengan manfaat beriklan di radio, serta persaingan yang ketat dengan radio lain. Kata Kunci: strategi pemasaran, strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pengiklan