Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, people secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Sinarmas, Tbk. KCP A.Yani Banjarmasin, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, people secara parsial terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Sinarmas, Tbk. KCP A.Yani Banjarmasin, dan (3) mengetahui dan menganalisis faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Sinarmas, Tbk. KCP A.Yani Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian survei dalam jenis penelitian survei yaitu dengan mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Populasi dalam penelitian ini adalah individu atau nasabah yang menabung pada Bank Sinarmas KCP A.Yani Banjarmasin dengan jumlah sampel sebanyak 50 nasabah. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel bauran pemasaran (product, price, place, promotion, people) secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Sinarmas KCP A.Yani Banjarmasin karena nilai F hitung (28,932) lebih besar dari F tabel (2,427) atau Sig. F = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Besarnya pengaruh variabelvariabel bauran pemasaran (product, price, place, promotion, people) secara simultan sebesar 76,7%. Analisis hasil uji parsial (uji t), bahwa variabel Place (X3), People (X5) mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan nasabah. Sedangkan Product (X1), Price (X2), Promotion (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Berdasarkan nilai koefisien beta, variabel Price (X2) merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan nasabah menabung pada Bank Sinarmas KCP A.Yani Banjarmasin karena mempunyai nilai koefisien beta (2,441) paling besar jika dibandingkan dengan variabel bauran pemasaran lainnya. Kata kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Nasabah