Implementasi Teknologi Informasi Website Pada Home Industry Sebagai Media Promosi Dan Penjualan (Studi Kasus: Usaha Roti Dapoer Yuri)
Main Author: | Rosiska, Evan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Putera Batam
, 2020
|
Online Access: |
http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/2421 http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/2421/1233 |
Daftar Isi:
- The development of information technology that exists today has made people's lifestyles much easier. In selling the products sold at the Dapoer Yuri Bread Business, they still apply a conventional system, the marketing strategy is carried out directly by delivering products to stalls, shops and even some consumers who come directly to the house to pick up these products . Meanwhile, the current promotional media only takes advantage of consumers who have bought the bread, this makes sales less effective and promotions that are not widely known by many people. When viewed from the development of information system technology that is currently developing, Dapoer Yuri's Bread Business really needs a technology to increase sales and as a product promotion media that can be accessed online and can be accessed anywhere and anytime, where buyers are able to find information on products to be sold and carry out online ordering transactions. The research method used is the waterfall model, namely through several stages such as needs analysis, system design, program code and system testing. In completing the data so that the objectives can be achieved, the data collection techniques use observation and study techniques. Meanwhile, the results of the implementation of this information technology are able to provide increased sales and easier promotion.
- Perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini telah mengubah gaya hidup manusia menjadi jauh lebih mudah. Dalam melakukan penjualan terhadap roti yang diproduksi, usaha Roti Dapoer Yuri masih menerapkan sistem secara konvensional, strategi pemasarannya pun dilakukan secara langsung dengan cara melakukan pengantaran produk ke warung-warung, toko-toko bahkan ada sebagaian konsumen yang mendatangi langsung ke rumah untuk menjemput produk tersebut untuk dijual lagi kepada konsumen yang lainnya, sementara itu media promosi yang dilakukan saat ini hanya memanfaatkan konsumen yang pernah membeli roti tersebut, hal ini membuat penjualan kurang efektif dan promosi yang tidak banyak diketahui oleh orang banyak. Jika dilihat dari perkembangan teknologi sistem informasi yang berkembang saat ini Usaha Roti Dapoer Yuri sangat membutuhkan sebuah teknologi untuk meningkatkan penjualan dan sebagai media promosi produk yang bisa diakses secara online dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun, dimana pembeli mampu mengetahui informasi produk yang akan dijual dan melakukan transaksi pemesanan secara online. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah model waterfall yaitu melalui beberapa tahapan seperti analisis kebutuhan, desain sistem yang akan digunakan, pembuatan kode program dan pengujian sistem yang dibuat. Dalam melengkapi data agar tujuan bisa dicapai maka teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan studi. Sementara itu hasil dari implementasi teknologi informasi ini mampu memberikan peningkatan penjualan dan promosi yang lebih mudah.