PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALEMBANG
Main Authors: | Yuwanda, Merza, Chotimah, Umi, Waluyati, Sri Artati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2017
|
Online Access: |
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4606 https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4606/pdf |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik data kuantitatif dengan metode penelitian komparatif menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran AIR terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 1 Palembang, terbukti dari hasil rata-rata nilai tes yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 90,00 daripada yang diperoleh kelas kontrol yaitu 86,61. Berdasarkan hasil uji hipotesis statistik uji-t di mana dari hasil analisis data tes diperoleh p value = .004 <α (.005), dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha.