PENGARUH PENERAPAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 2 GELUMBANG

Main Authors: Riana, Rizki Farah, Chotimah, Umi, Kurnisar, Kurnisar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2015
Online Access: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4585
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4585/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpenerapan metode pictorial riddle terhadap motivasi belajar siswa pada matapelajaran PKn di SMP Negeri 2 Gelumbang. Populasinya adalah seluruh siswakelas di SMP Negeri 2 Gelumbang yang berjumlah 592 orang. Dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan metode quasi experiment dimana dua metode pembelajaran berbeda diimplementasikan dalam pembelajaran PKn. Sebelumnya sampel diambil secara purposive sampling kemudian ditetapkan 30 siswa kelas VIII.E sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas VIII.F sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Berdasarkan hasil data penelitian diperoleh perbedaan rerata persentase motivasi belajar siswa menggunakan metode pictorial riddle sebesar 72.71% dengan kategori motivasi belajar baik sedangkan rerata persentase motivasi belajar siswa dengan metode modified inquiry hanya memperoleh hasil sebesar 60.42% dengan kategori cukup baik. Didukung pula dari hasil analisis uji t dengan rumus independent samples t-test menunjukan p<.05 yaitu .000<.05 pada taraf signifikansi 5%. Artinya menolak H0 dan menerima Ha, dengan demikian adanya perbedaan yang signifikan dari penerapan metode pictorial riddle terhadap motivasi belajar siswa pada matapelajaran PKn di SMP Negeri 2 Gelumbang.