UPAYA MENINGKATKAN KEBERANIAN BERPENDAPAT DAN MENGAMBIL KEPUTUSAN MELALUI PENERAPAN MODEL DILEMA MORAL PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS XI. IPS.1 SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU

Main Author: Supriyanto, Anton
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2016
Online Access: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4568
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4568/pdf
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4568/pdf_1
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keberanian berpendapat dan mengambil keputusan melalui penerapan model dilema moral pada mata pelajaran PKn Kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 1 Tanjung Batudilaksanakan sebagai upaya untuk evaluasi dan refleksi diri dalam proses pembelajaran di kelas, dengan harapan dapat menemukan alternatif solusi memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. PTK dilangsungkan dengan tujuan untuk meningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Tanjung Batu dan memperoleh strategi pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan dan menantang. Subjek penelitian ditentukan kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 1 Tanjung Batu dengan teknik pengumpulan data observasi, analisis dukumen, dan wawancara.Penerapan metode dilema moral terbukti dapat meningkatkan keberanian berpendapat dan mengambil keputusan dalam pembelajaran PKn, hal ini dibuktikan pada rekapitulasi partisipasi peserta didik dalampenerapan metode dilema moral yaitu adanya peningkatan kualitas aktifitas peserta didik pada perlakuan siklus I dan II