PENGARUH PENERAPAN TEORI BELAJAR OPERANT CONDITIONING DALAM MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP PERBAIKAN PERILAKU PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG

Main Authors: Natasya, Ica Efilia, HD, Mulkan Mulyadi, Kurnisar, Kurnisar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2015
Online Access: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4561
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4561/pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teori belajar Operant Conditioning pada matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap perbaikan perilaku peserta didik di SMP 6 Kayuagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP 6 Kayuagung yang berjumlah 732 siswa. Adapun sampel yang ditetapkan adalah siswa kelas VII.5 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes sampel independen. Dari hasil t-tes menunjukkan t > t table is2.952>2.002. Implementasi teori operant conditioning dapat menjadi salah satu teori belajar untuk memperbaiki perilaku siswa.