PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATAPELAJARAN PKn TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS VIII MTs NURUL HILAL SENURO KECAMATAN TANJUNG BATU
Main Authors: | Asnah, Asnah, Faisal, Emil El |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2014
|
Online Access: |
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4548 https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4548/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Matapelajaran PKn di Kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro Kecamatan Tanjung Batu.†Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran PKn di kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro kecamatan Tanjung Batu?â€. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap keaktifan belajar siswa pada matapelajaran PKn di kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro kecamatan Tanjung Batu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Nurul Hilal Senuro yang terdiri dari 4 kelas. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive sampling yaitu kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji-t. Dari analisis dan pembahan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran Crosswoord Puzzle dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII pada matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MTs Nurul Hilal Senuro dengan taraf signifikan sebesar 5% atau α = 0,05. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata keaktifan siswa kelas eksperimen sebesar 79% lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 56%. Secara statistik melalui analisis uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 14,735> ttabel = 2,007) dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran Crosswoord Puzzle dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII pada matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MTs Nurul Hilal Senuro kecamatan Tanjung Batu