Daftar Isi:
  • Banyaknya kendaraan pribadi di kota Jakarta menyebabkan semakin tingginya kemacetan serta polusi, sehingga solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan transportasi umum, salah satunya Kereta Rel Listrik (KRL). Sayangnya citra buruk dari KRL telah melekat pada masyarakat sehingga banyak orang tidak tertarik untuk menggunakannya. Isu ini diangkat menjadi sebuah cerita pendek kemudian akan divisualisasikan penulis dan tim menjadi sebuah film animasi pendek 2 dimensi agar dapat memberikan sebuah pandangan baru dan kesadaran pada masyarakat. Perancangan ini menggunakan metode studi pustaka dan observasi. Studi pustaka dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai isu transportasi, serta memperoleh teori dalam perancangan desain yang dibutuhkan, khususnya untuk desain environment. Observasi dilakukan untuk mendukung studi pustaka dengan mengamati keadaan yang terjadi secara langsung. Hasil dari tugas akhir ini adalah sebuah film pendek animasi 2 dimensi. Semua hasil rancangan environment yang dibahas dalam karya tulis ini akan digunakan sebagai aset dalam film pendek tersebut. Karya tulis ini akan memuat proses perancangan environment mulai dari pencarian kata kunci sampai pada hasil akhir perancangannya. Kata kunci yang ditentukan akan memberikan tema dan menjadi panduan perancangan desain environment untuk menjaga konsistensi. / The number of private vehicles in the city of Jakarta causes increasingly high traffic congestion and pollution, so the solution to this problem is to use public transportation, one of which is the Electric Train (KRL). Unfortunately the bad image of KRL has been attached to the public so that many people are not interested in using it. This issue was raised into a short story and then the writer and the team will be visualized into a short 2-dimensional animated film in order to provide a new perspective and awareness to the public. This design uses literature study and observation methods. Literature study is carried out to obtain information about transportation issues, as well as obtain theories in the design of design needed, especially for the design environment. Observations were carried out to support literature study by observing the situation that occurs directly. The result of this final project is a 2-dimensional animated short film. All environment design results discussed in this paper will be used as assets in the short film. This paper will contain the process of designing the environment starting from the search for keywords to the final design. The keywords specified will provide a theme and work as a guide for making the environment design to maintain consistency.