Daftar Isi:
  • Pada masa modern ini, kebiasaan membaca masyarakat terutama di Indonesia semakin menurun, dan membuat kebutuhan mereka akan perpustakaan juga ikut menurun. Untuk meningkatkan kebiasaan membaca, maka dibutuhkan perancangan furnitur dan teori psikologi untuk meningkatkan keinginan belajar masyarakat yang dilakukan dengan cara membaca, dan keinginan belajar ditingkatkan dengan cara meningkatkan rasa ingin tahu masyarakat, terutama kepada anak sehingga kebiasaan membaca dapat dibentuk sejak dini. Pengumpulan data didapatkan dengan metode kualitatif berfokus pada field research, yaitu dengan cara melakukan kunjungan ke lokasi perpustakaan dan melakukan pengamatan dan analisa terhadap kondisi lokasi. Perancangan furnitur didapatkan melalui proses eksperimen dan didasari oleh penelitian standar furnitur pada anak dan konsep “trigger their curiosity so people will make a move to learn.”. Sehingga dari perancangan furnitur yang dirancang dengan sifat yang sangat interaktif guna dapat memicu rasa ingin tahu anak dan kreativitas anak, agar anak terdorong untuk belajar lebih banyak, dan membentuk kebiasaan membaca sejak dini.