Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji iman dan integritas guru lulusan dari fakultas ilmu pendidikan universitas Kristen XYZ sebagai pemimpin Kristen bagi siswa. Pendidikan di Indonesia menghadapi banyak tantangan iman dan integritas seperti kecurangan pada ujian nasional, pemerasan siswa, dan lain-lain. Guru yang berperan sebagai role model siswa sering kali tidak dapat memberikan teladan yang baik, namun justru membantu siswa melakukan kecurangan seperti dalam ujian akhir sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dalam bentuk studi kasus, dengan melibatkan 12 narasumber yang merupakan guru lulusan dari fakultas ilmu pendidikan universitas Kristen XYZ, dimana pengambilan data dilakukan dengan wawancara secara langsung. Analisis data dilakukan secara manual dan melakukan member check untuk mendukung keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru lulusan fakultas ilmu pendidikan universitas Kristen XYZ mengalami pertumbuhan dalam iman dan integritas saat menempuh pendidikan di fakultas tersebut, dimana mereka ditanamkan iman kepada Kristus dan menunjukkan keteladanan hidup. Apa yang telah ditanamkan membentuk mereka menjadi pemimpin pelayan, mampu menunjukkan keteladanan hidup kepada siswa, bergantung pada Kristus, dan mampu menanamkan iman kepada siswa mereka serta hidup saling mendukung dalam komunitas. Dalam menghadapi tantangan iman dan integritas, guru terus memupuk iman mereka, bergantung pada Yesus, menunjukkan keteladanan hidup dan terus menjalin komunitas yang mendukung.