Perancangan dan Pengembangan Sistem Dasbor dan Natural Language Processing Menggunakan Wit.ai pada PT Matahari Department Store Tbk = Planning and development of dashboard system and natural language processing system using wit.Ai for pt Matahari department store Tbk

Main Author: Wijaya, Joshua Natan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uph.edu/8188/1/Title.pdf
http://repository.uph.edu/8188/2/Abstract.pdf
http://repository.uph.edu/8188/3/ToC.pdf
http://repository.uph.edu/8188/4/Chapter1.pdf
http://repository.uph.edu/8188/6/Chapter2.pdf
http://repository.uph.edu/8188/7/Chapter3.pdf
http://repository.uph.edu/8188/9/Chapter4.pdf
http://repository.uph.edu/8188/11/Chapter5.pdf
http://repository.uph.edu/8188/13/Chapter6.pdf
http://repository.uph.edu/8188/14/Bibliography.pdf
http://repository.uph.edu/8188/17/Appendices.pdf
http://repository.uph.edu/8188/
ctrlnum 8188
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uph.edu/8188/</relation><title>Perancangan dan Pengembangan Sistem Dasbor dan Natural Language Processing Menggunakan Wit.ai pada PT Matahari Department Store Tbk = Planning and development of dashboard system and natural language processing system using wit.Ai for pt Matahari department store Tbk</title><creator>Wijaya, Joshua Natan</creator><subject>QA75 Electronic computers. Computer science</subject><description>Informasi menjadi hal yang penting bagi perusahaan dalam bersaing pada era&#xD; digital. Informasi dapat membantu manajemen perusahaan mengambil keputusan yang&#xD; lebih baik sehingga dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan competitive&#xD; advantage. PT Matahari Department Store Tbk (MDS) menyadari adanya kebutuhan&#xD; akan informasi. Kesadaran tersebut ditunjukan dengan adanya implementasi berbagai&#xD; jenis sistem informasi dalam perusahaan seperti retail management system dan ticketing&#xD; system. Namun terdapat masalah yang dihadapi oleh MDS dalam hal penyediaan&#xD; informasi. Struktur organisasi yang kompleks membuat penyediaan informasi&#xD; membutuhkan waktu yang relatif lama. Selain itu, penyediaan informasi juga melibatkan&#xD; berbagai pihak sehingga ketersediaan informasi bergantung pada ketersediaan pihakpihak yang terlibat. Hal ini membuka kemungkinan adanya ketidaktersediaan informasi&#xD; pada suatu waktu tertentu.&#xD; Pengembangan ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah ketersediaan&#xD; informasi serta meningkatkan kemudahan dalam mengakses informasi sehingga&#xD; informasi dapat diperoleh pada waktu yang tepat. Sistem ini disajikan dalam bentuk smart&#xD; assistant yang dapat menerima permintaan pengguna dalam bahasa sehari-hari baik&#xD; menggunakan suara atau teks, kemudian sistem akan memberikan respon berupa dasbor&#xD; berisi informasi yang berkaitan dengan permintaan dan suara. Sistem ini menggunakan&#xD; WebSpeech API untuk melakukan speech-to-text, Wit.ai untuk melakukan natural&#xD; language processing, dan Voice RSS untuk melakukan text-to-speech. Sistem ini juga&#xD; dibangun secara modular untuk meningkatkan skalabilitas dan fleksibilitas sistem serta&#xD; reusability dari setiap modul/Information has been an integral part of organization. Information assists&#xD; management to make better decisions to retain or to get competitive advantage. PT&#xD; Matahari Department Store Tbk (MDS) understands that information is crucial in&#xD; business. Therefore, MDS has implemented a various kind of information system for&#xD; example retail management system and ticketing system. But there is a problem that is&#xD; faced by MDS. In order to retrive some informations, it takes time. The problem occurs&#xD; because there is a complex birocracy from another department to information technology&#xD; department. Moreover, the process of retriving information involves stakeholders so the&#xD; information availability relies on stakeholder&#x2019;s availability.&#xD; This development is intended to increase the information availability and&#xD; minimize the involvement of stakeholders hence the information can be retrived at the&#xD; precise moment and MDS could retain or get competitive advantages. This system is&#xD; represented as a smart assistant where management could talk or communicate with the&#xD; system by voice or text in natural language and the system will respond by giving&#xD; information presented by dashboard. This system is integrated with Wit.ai for natural&#xD; language processing, WebSpeech API for speech-to-text and Voice RSS for text-to-speech.&#xD; This system also implements modularization to increase flexibility and scalability of the&#xD; system and reusability of the components</description><date>2020-01-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/1/Title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/2/Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/3/ToC.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/4/Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/6/Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/7/Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/9/Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/11/Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/13/Chapter6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/14/Bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/17/Appendices.pdf</identifier><identifier> Wijaya, Joshua Natan (2020) Perancangan dan Pengembangan Sistem Dasbor dan Natural Language Processing Menggunakan Wit.ai pada PT Matahari Department Store Tbk = Planning and development of dashboard system and natural language processing system using wit.Ai for pt Matahari department store Tbk. Bachelor thesis, Universitas Pelita Harapan. </identifier><relation>00000020271</relation><recordID>8188</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wijaya, Joshua Natan
title Perancangan dan Pengembangan Sistem Dasbor dan Natural Language Processing Menggunakan Wit.ai pada PT Matahari Department Store Tbk = Planning and development of dashboard system and natural language processing system using wit.Ai for pt Matahari department store Tbk
publishDate 2020
topic QA75 Electronic computers. Computer science
url http://repository.uph.edu/8188/1/Title.pdf
http://repository.uph.edu/8188/2/Abstract.pdf
http://repository.uph.edu/8188/3/ToC.pdf
http://repository.uph.edu/8188/4/Chapter1.pdf
http://repository.uph.edu/8188/6/Chapter2.pdf
http://repository.uph.edu/8188/7/Chapter3.pdf
http://repository.uph.edu/8188/9/Chapter4.pdf
http://repository.uph.edu/8188/11/Chapter5.pdf
http://repository.uph.edu/8188/13/Chapter6.pdf
http://repository.uph.edu/8188/14/Bibliography.pdf
http://repository.uph.edu/8188/17/Appendices.pdf
http://repository.uph.edu/8188/
contents Informasi menjadi hal yang penting bagi perusahaan dalam bersaing pada era digital. Informasi dapat membantu manajemen perusahaan mengambil keputusan yang lebih baik sehingga dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan competitive advantage. PT Matahari Department Store Tbk (MDS) menyadari adanya kebutuhan akan informasi. Kesadaran tersebut ditunjukan dengan adanya implementasi berbagai jenis sistem informasi dalam perusahaan seperti retail management system dan ticketing system. Namun terdapat masalah yang dihadapi oleh MDS dalam hal penyediaan informasi. Struktur organisasi yang kompleks membuat penyediaan informasi membutuhkan waktu yang relatif lama. Selain itu, penyediaan informasi juga melibatkan berbagai pihak sehingga ketersediaan informasi bergantung pada ketersediaan pihakpihak yang terlibat. Hal ini membuka kemungkinan adanya ketidaktersediaan informasi pada suatu waktu tertentu. Pengembangan ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah ketersediaan informasi serta meningkatkan kemudahan dalam mengakses informasi sehingga informasi dapat diperoleh pada waktu yang tepat. Sistem ini disajikan dalam bentuk smart assistant yang dapat menerima permintaan pengguna dalam bahasa sehari-hari baik menggunakan suara atau teks, kemudian sistem akan memberikan respon berupa dasbor berisi informasi yang berkaitan dengan permintaan dan suara. Sistem ini menggunakan WebSpeech API untuk melakukan speech-to-text, Wit.ai untuk melakukan natural language processing, dan Voice RSS untuk melakukan text-to-speech. Sistem ini juga dibangun secara modular untuk meningkatkan skalabilitas dan fleksibilitas sistem serta reusability dari setiap modul/Information has been an integral part of organization. Information assists management to make better decisions to retain or to get competitive advantage. PT Matahari Department Store Tbk (MDS) understands that information is crucial in business. Therefore, MDS has implemented a various kind of information system for example retail management system and ticketing system. But there is a problem that is faced by MDS. In order to retrive some informations, it takes time. The problem occurs because there is a complex birocracy from another department to information technology department. Moreover, the process of retriving information involves stakeholders so the information availability relies on stakeholder’s availability. This development is intended to increase the information availability and minimize the involvement of stakeholders hence the information can be retrived at the precise moment and MDS could retain or get competitive advantages. This system is represented as a smart assistant where management could talk or communicate with the system by voice or text in natural language and the system will respond by giving information presented by dashboard. This system is integrated with Wit.ai for natural language processing, WebSpeech API for speech-to-text and Voice RSS for text-to-speech. This system also implements modularization to increase flexibility and scalability of the system and reusability of the components
id IOS6381.8188
institution Universitas Pelita Harapan
institution_id 405
institution_type library:university
library
library The Johannes Oentoro Library
library_id 1054
collection Repository UPH
repository_id 6381
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA TANGERANG
province BANTEN
repoId IOS6381
first_indexed 2020-03-03T10:12:19Z
last_indexed 2020-03-27T14:07:36Z
recordtype dc
_version_ 1686421015453761536
score 17.538404