Perancangan dan Pengembangan Sistem Dasbor dan Natural Language Processing Menggunakan Wit.ai pada PT Matahari Department Store Tbk = Planning and development of dashboard system and natural language processing system using wit.Ai for pt Matahari department store Tbk
ctrlnum |
8188 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uph.edu/8188/</relation><title>Perancangan dan Pengembangan Sistem Dasbor dan Natural Language Processing Menggunakan Wit.ai pada PT Matahari Department Store Tbk = Planning and development of dashboard system and natural language processing system using wit.Ai for pt Matahari department store Tbk</title><creator>Wijaya, Joshua Natan</creator><subject>QA75 Electronic computers. Computer science</subject><description>Informasi menjadi hal yang penting bagi perusahaan dalam bersaing pada era
digital. Informasi dapat membantu manajemen perusahaan mengambil keputusan yang
lebih baik sehingga dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan competitive
advantage. PT Matahari Department Store Tbk (MDS) menyadari adanya kebutuhan
akan informasi. Kesadaran tersebut ditunjukan dengan adanya implementasi berbagai
jenis sistem informasi dalam perusahaan seperti retail management system dan ticketing
system. Namun terdapat masalah yang dihadapi oleh MDS dalam hal penyediaan
informasi. Struktur organisasi yang kompleks membuat penyediaan informasi
membutuhkan waktu yang relatif lama. Selain itu, penyediaan informasi juga melibatkan
berbagai pihak sehingga ketersediaan informasi bergantung pada ketersediaan pihakpihak yang terlibat. Hal ini membuka kemungkinan adanya ketidaktersediaan informasi
pada suatu waktu tertentu.
Pengembangan ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah ketersediaan
informasi serta meningkatkan kemudahan dalam mengakses informasi sehingga
informasi dapat diperoleh pada waktu yang tepat. Sistem ini disajikan dalam bentuk smart
assistant yang dapat menerima permintaan pengguna dalam bahasa sehari-hari baik
menggunakan suara atau teks, kemudian sistem akan memberikan respon berupa dasbor
berisi informasi yang berkaitan dengan permintaan dan suara. Sistem ini menggunakan
WebSpeech API untuk melakukan speech-to-text, Wit.ai untuk melakukan natural
language processing, dan Voice RSS untuk melakukan text-to-speech. Sistem ini juga
dibangun secara modular untuk meningkatkan skalabilitas dan fleksibilitas sistem serta
reusability dari setiap modul/Information has been an integral part of organization. Information assists
management to make better decisions to retain or to get competitive advantage. PT
Matahari Department Store Tbk (MDS) understands that information is crucial in
business. Therefore, MDS has implemented a various kind of information system for
example retail management system and ticketing system. But there is a problem that is
faced by MDS. In order to retrive some informations, it takes time. The problem occurs
because there is a complex birocracy from another department to information technology
department. Moreover, the process of retriving information involves stakeholders so the
information availability relies on stakeholder’s availability.
This development is intended to increase the information availability and
minimize the involvement of stakeholders hence the information can be retrived at the
precise moment and MDS could retain or get competitive advantages. This system is
represented as a smart assistant where management could talk or communicate with the
system by voice or text in natural language and the system will respond by giving
information presented by dashboard. This system is integrated with Wit.ai for natural
language processing, WebSpeech API for speech-to-text and Voice RSS for text-to-speech.
This system also implements modularization to increase flexibility and scalability of the
system and reusability of the components</description><date>2020-01-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/1/Title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/2/Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/3/ToC.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/4/Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/6/Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/7/Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/9/Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/11/Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/13/Chapter6.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/14/Bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://repository.uph.edu/8188/17/Appendices.pdf</identifier><identifier> Wijaya, Joshua Natan (2020) Perancangan dan Pengembangan Sistem Dasbor dan Natural Language Processing Menggunakan Wit.ai pada PT Matahari Department Store Tbk = Planning and development of dashboard system and natural language processing system using wit.Ai for pt Matahari department store Tbk. Bachelor thesis, Universitas Pelita Harapan. </identifier><relation>00000020271</relation><recordID>8188</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wijaya, Joshua Natan |
title |
Perancangan dan Pengembangan Sistem Dasbor dan Natural Language Processing Menggunakan Wit.ai pada PT Matahari Department Store Tbk = Planning and development of dashboard system and natural language processing system using wit.Ai for pt Matahari department store Tbk |
publishDate |
2020 |
topic |
QA75 Electronic computers. Computer science |
url |
http://repository.uph.edu/8188/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/8188/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/8188/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/8188/4/Chapter1.pdf http://repository.uph.edu/8188/6/Chapter2.pdf http://repository.uph.edu/8188/7/Chapter3.pdf http://repository.uph.edu/8188/9/Chapter4.pdf http://repository.uph.edu/8188/11/Chapter5.pdf http://repository.uph.edu/8188/13/Chapter6.pdf http://repository.uph.edu/8188/14/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/8188/17/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/8188/ |
contents |
Informasi menjadi hal yang penting bagi perusahaan dalam bersaing pada era
digital. Informasi dapat membantu manajemen perusahaan mengambil keputusan yang
lebih baik sehingga dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan competitive
advantage. PT Matahari Department Store Tbk (MDS) menyadari adanya kebutuhan
akan informasi. Kesadaran tersebut ditunjukan dengan adanya implementasi berbagai
jenis sistem informasi dalam perusahaan seperti retail management system dan ticketing
system. Namun terdapat masalah yang dihadapi oleh MDS dalam hal penyediaan
informasi. Struktur organisasi yang kompleks membuat penyediaan informasi
membutuhkan waktu yang relatif lama. Selain itu, penyediaan informasi juga melibatkan
berbagai pihak sehingga ketersediaan informasi bergantung pada ketersediaan pihakpihak yang terlibat. Hal ini membuka kemungkinan adanya ketidaktersediaan informasi
pada suatu waktu tertentu.
Pengembangan ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah ketersediaan
informasi serta meningkatkan kemudahan dalam mengakses informasi sehingga
informasi dapat diperoleh pada waktu yang tepat. Sistem ini disajikan dalam bentuk smart
assistant yang dapat menerima permintaan pengguna dalam bahasa sehari-hari baik
menggunakan suara atau teks, kemudian sistem akan memberikan respon berupa dasbor
berisi informasi yang berkaitan dengan permintaan dan suara. Sistem ini menggunakan
WebSpeech API untuk melakukan speech-to-text, Wit.ai untuk melakukan natural
language processing, dan Voice RSS untuk melakukan text-to-speech. Sistem ini juga
dibangun secara modular untuk meningkatkan skalabilitas dan fleksibilitas sistem serta
reusability dari setiap modul/Information has been an integral part of organization. Information assists
management to make better decisions to retain or to get competitive advantage. PT
Matahari Department Store Tbk (MDS) understands that information is crucial in
business. Therefore, MDS has implemented a various kind of information system for
example retail management system and ticketing system. But there is a problem that is
faced by MDS. In order to retrive some informations, it takes time. The problem occurs
because there is a complex birocracy from another department to information technology
department. Moreover, the process of retriving information involves stakeholders so the
information availability relies on stakeholder’s availability.
This development is intended to increase the information availability and
minimize the involvement of stakeholders hence the information can be retrived at the
precise moment and MDS could retain or get competitive advantages. This system is
represented as a smart assistant where management could talk or communicate with the
system by voice or text in natural language and the system will respond by giving
information presented by dashboard. This system is integrated with Wit.ai for natural
language processing, WebSpeech API for speech-to-text and Voice RSS for text-to-speech.
This system also implements modularization to increase flexibility and scalability of the
system and reusability of the components |
id |
IOS6381.8188 |
institution |
Universitas Pelita Harapan |
institution_id |
405 |
institution_type |
library:university library |
library |
The Johannes Oentoro Library |
library_id |
1054 |
collection |
Repository UPH |
repository_id |
6381 |
subject_area |
Generalities(Karya Umum) |
city |
KOTA TANGERANG |
province |
BANTEN |
repoId |
IOS6381 |
first_indexed |
2020-03-03T10:12:19Z |
last_indexed |
2020-03-27T14:07:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686421015453761536 |
score |
17.538404 |