Daftar Isi:
  • Dalam membangun perusahaan dibutuhkan beberapa faktor untuk menunjang kesuksesan salah satunya adalah SDM (Sumber Daya Manusia). Tujuan dari SDM itu sendiri adalah mengelola karyawan-karyawan agar dapat bekerja secara efektif sesuai dengan kemampuannya dan akhirnya dapat membuat perusahaan bertumbuh dan berkembang dengan baik. Aspek-aspek dari SDM itu sendiri adalah perencanaan, rekrutmen, seleksi, induksi, penilaian, pengembangan, kompensasi, bargaining, keamanan, kontinuitas, dan informasi. Rekrutmen adalah proses melakukan pencarian tenaga kerja yang berkompeten dan ditempatkan ke bidangnya sesuai dengan kemampuannya. Seleksi adalah proses diterima atau tidak diterimanya calon karyawan di posisi tertentu. Masalah yang dihadapi oleh PT Anabatic Digital Raya adalah masalah employee branding. Kekurangan orang yang fokusnya di employee branding dan memiliki flyer yang kurang menarik mengakibatkan daya tarik jobseekers berkurang. Hal ini dapat menyebabkan SDM yang kurang berkualitas dan mempengaruhi kinerja dan karyawan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode semi-structured interview dan menggunakan observasi partisipatif. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi ditemukan bahwa di PT Anabatic Digital Raya masih kekurangan employee branding. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara keseluruhan proses rekrutmen dan seleksi di PT Anabatic Digital Raya sudah baik dan bagus tetapi masih terdapat kekurangan di employee branding