Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kecerdasan emosional dan IQ secara bersama – sama terhadap hasil prestasi belajar (GPA) pada mahasiswa Psikologi Universitas Pelita Harapan, (2) Mengidentifikasi aspek – aspek kecerdasan emosioanal yang mempengaruhi atau berkontribusi terhadap prestasi belajar (GPA) pada mahasiswa Psikologi Universitas Pelita Harapan. Subjek di dalam penelitian ini berjumlah 71 subjek mahasiswa Psikologi angkatan 2012 dan 2013. Penelitian ini adala penelitian kuantitatif non experimental dengan cross seectional design, statified random sampling. Analisa data menggunakan multiple regression. Hasil dari penelitian ini adalah; (1) Adanya hubungan dan pengaruh yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional dan IQ terhadap prestasi belajar (GPA), (2) Self-regulation merupakan aspek dari kecerdasan emosional yang berkorelasi dan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap prestasi belajar (GPA), (3) Kecerdasan emosional tidak berkorelasi dan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap IQ, (4) Kecerdasan emosional memiliki pengaruh lebih besar terhadap prestasi belajar dibandingkan dengan pengaruh IQ terhadap prestasi belajar.