Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan dasar yang perlu untuk dimiliki oleh setiap orang. Pendidikan diberikan dengan tujuan memperlengkapi setiap pribadi untuk dapat menghadapi kehidupan yang nyata. Faktor yang berperan penting dalam sebuah Pendidikan adalah pribadi guru yang mengajar. Masalah yang didapatkan di dalam observasi menunjukkan terdapat siswa yang mengantuk dan mengobrol pada saat guru menjelaskan. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan guru tidak dapat membuat siswa tidak termotivasi pada saat mengikuti pembelajaran, sehinga diperlukan pengelolaan kelas dan pimpinan guru di dalam kelas pembelajaran. Tujuan penulisan kajian ini adalah untuk memaparkan peran guru sebagai seorang pemimpin dalam mengelola kelas dan memaparkan karakteristik kepemimpinan yang dapat menghasilkan pembelajaran efektif. Berdasarkan kajian teori yang dilakukan, didapatkan bahwa melalui pengelolaan kelas yang baik akan tercipta situasi yang mendukung pembelajaran efektif dapat terwujud. Hal tersebut tidak dapat dipisahkan oleh kepemimpinan guru yang berperan seabagai perencana, pengorganisasi, pengawas, pengevaluasi, motivator, dan teladan. Selain itu, adapun karakteristik kepemimpinan yang diperlukan untuk menciptakan pembelajaran efektif adalah kepemimpinan yang konsisten dalam pelaksanaannya, partisipatis dalam proses pembelajaran, dan berdampak bagi kehidupan siswa. Oleh karena itu, penting bagi seorang guru untuk bisa yakin akan otoritas yang diberikan, tegas, dan membangun interaksi dengan siswa.