Penerapan metode numbered heads together untuk membangun kepercayaan diri siswa kelas XII
Main Author: | Ambarwati, Syos |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5912/3/Title.pdf http://repository.uph.edu/5912/7/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5912/6/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5912/1/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5912/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5912/2/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5912/4/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5912/ |
Daftar Isi:
- Kepercayaan diri adalah sebuah sikap positif pada diri sendiri yang harus dimiliki setiap manusia. Kepercayaan diri merupakan bekal bagi siswa untuk hidup bermasyarakat. Kurangnya kepercayaan diri siswa akan terlihat melalui interaksinya kepada orang lain, dimana siswa cenderung menghindari interaksi. Seperti yang terjadi kepada manusia pertama yaitu Adam dan Hawa. Setelah jatuh ke dalam dosa mereka cenderung lari dan bersembunyi dari Allah. Keberdosaan manusia yang membuatnya menghindari interaksi, sementara Allah menciptakan manusia sebagai makluk sosial yang harus berinteraksi. Pada konteks pendidikan tidak adanya interaksi mengakibatkan pembelajaran tidak efektif. Keadaan ini dapat ditolong dengan menerapkan metode-metode yang memfasilitasi siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Kepercayaan diri pada remaja (siswa kelas XII) merupakan sebuah proses yang sangat memerlukan teman sebaya untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Berdasarkan hal ini penulis memilih metode numbered heads together (NHT) untuk membantu menumbuhkan kepercayaan diri siswa. Melalui kelebihan metode NHT dapat mengakomodir siswa menumbuhkan kepercayaan diri di tengah-tengah kelompoknya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menumbuhkan kepercayaan diri siswa dengan metode NHT. Hasil dari penelitian ini adalah metode yang diguanakan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, meskipun tidak signifikan. Saran untuk penelitian selanjutnya agar menerapkan metode ini dengan berkala agar dapat melihat peningkatan kepercayaan diri siswa lebih signifikan.