Penerapan reward and consequences sebagai upaya melatih kedisiplinan siswa di dalam kelas
| Main Author: | Purba, Oktapianus Saputra |
|---|---|
| Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
| Bahasa: | ind |
| Terbitan: |
, 2019
|
| Subjects: | |
| Online Access: |
http://repository.uph.edu/5867/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5867/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5867/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5867/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5867/43/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5867/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5867/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5867/ |
Daftar Isi:
- Kedisiplinan merupakan salah satu proses pembentukan perilaku siswa di dalam kelas. Siswa yang disiplin dapat membangun suasana pembelajaran di kelas terarah pada tujuan. Fakta yang terjadi terdapat penurunan penerapan kedisiplinan di dalam kelas seperti siswa yang tidak mendengarkan guru, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, dan mengerjakan aktivitas yang tidak berhubungan di pembelajaran. Dengan demikian melatih kedisiplinan dapat dilakukan dengan menerapkan reward and consequences. Peneraparan reward and consequences harus memerhatikan beberapa hal baik dari siswa dan guru agar dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif. Tujuan penulisan ini untuk membantu guru melatih kedisiplinan siswa di kelas sehingga pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan efektif. Hasil yang didapatkan dari penulisan ini adalah siswa memiliki kedisiplinan yang baik dapat dilihat dari perilaku yang ditunjukkan siswa di dalam kelas seperti disiplin kerapian, kelakuan dan tingkah laku. Adapun kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan reward and consequences dapat dilakukan untuk melatih kedisiplinan siswa di dalam kelas. Saran yang diberikan apabila melakukan penelitian kembali sebaiknya dilakukan dengan beragam variasi kelas agar data lebih valid dan dapat terukur dengan baik.
